Profil Desa

http://brajaharjosari-lampungtimur.desa.id/file/logo/lamtim.png

   Sejarah Desa

Desa Braja Harjosari merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Braja Selebah Kabupaten Lampung Timur, yang berasal dari pembukaan jawatan Transmigasi Lampung pada tahun 1958 yang terdiri dari 7 Desa termasuk Desa Braja Harjosari. Ketika pembukaan Desa, Braja Harjosari dikepalai oleh Kepala Susukan Bapak Abu Naim yang berasal dari Jawa Timur. Penempatan Transmigrasi pada tahun 1958 dengan jumlah penduduk 998 jiwa dan terdiri dari 326 KK.

 

Desa Braja Harjosari berasal dari 3 kata yakni Braja, Harjo dan Sari, Braja artinya Ilmu atau Aji sedangkan Harjo berarti Selamat sedangkan Sari yang arinya Inti. Jika di uraikan atau di artikan secara   dengan sesungguhnya nama dari Desa Harjosari memiliki arti “Keselamatan Lahir dan Batin.

Adapupun asal usul nama Desa Harjosari adalah ketika zaman nenek moyang masyarakat Way Jepara yang bernama “ Minak Brajo Selebah” yang makamnya bertempat di Desa Braja Luhur di tepi sungai Waty Penet yang sekarang dikenal dengan sebutan (keramat) yang dikunjungi wisatawan lokal khususnya warga Braja Selebah.

Pada waktu itu para pemuka dan tua-tua kampung serta unsur pemerintahan bermusyawarah untuk menetapkan nama-nama desa transmigrasi yang ditempatkan di Way Jepara dan sekitarnya. Berdasarkan hasil musyawarah ditetapkan untuk nama Desa di BRAJA . Singkatannya setelah diberi sebutan nama Braja lalu di lanjutkan dengan abjad A,B,C,D,E,F,G,H untuk Desa Khususnya di wilayah Jepara Timur yang dulunya wilayah Kecamatan Way Jepara. Yang pada tahun 1997 terpecah menjadi Kecamatan sendiri menjadi Kecamatan Braja Selebah yang terdiri dari 6 Desa yaitu Desa Braja Indah, Braja Harjosari, Braja Yekti, Braja Gemilang, Braja Kencana dan Braja Luhur, sedangkan letak ibu kota kecamatan berada di Desa Braja Harjosari. Pada tahun 2008 Desa di Kecamatan Braja Selebah menjadi 7 Desa yaitu Braja Mulya pecahan dari Desa Braja Gemilang.